Rabu, 07 Desember 2011

SOAL ULANGAN UMUM IPS KLS X SEM 1TH. PEL. 2011/2012

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                                : X/1
Kompetensi Keahlian     : Keperawatan
Hari/Tanggal                       : Jumat, 2 Desember 2011
Waktu                                   : 11.30 – 13.00 (90 menit)
Guru Mata Pelajaran    : Drs. I Wayan Sumeken

 

Petunjuk umum               :
  1. Tuliskan terlebih dahulu identitas anda(nama, nomor induk, kelas, dls), sesuai formasi yang tersedia pada lembar jawaban
  2. Kerjakanlah jawaban anda pada lembar jawaban yang telah disediakan
  3. Periksa kembali pekerjaan anda sebelum diserahkan pada petugas

Petunjuk khusus              :
  1. Untuk soal nomor I, berilah tanda silang ( X ) pada jawaban yang paling tepat.
  2. Untuk soal nomor II, berikan jawaban dengan singkat dan jelas
 


I.        Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1.       Hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih dinamakan . . . .
  1. sosialisasi
  2. kontak sosial
  3. komunikasi sosial
  4. interaksi sosial
  5. diferensiasi sosial
2.       Sebagai mahluk sosial, manusia senantiasa hidup bermasyarakat oleh karenanya manusia memiliki kecendrungan untuk . . . .
  1. menyepi
  2. melamun
  3. menjalin interaksi
  4. merenung
  5. aktualisasi diri
3.       Peristiwa berikut ini yang termasuk interaksi sosial  adalah . . .
a.       Nining menunggu kendaraan di Terminal.
b.      Lina menulis buku harian.
c.       Gina melamun dalam pelajaran IPS.
d.      Debat para politisi dalam gedung DPR.
e.      Doni menulis surat kepada sahabatnya
4.       Interaksi sosial dapat terjadi walau kedua belah pihak tidak saling bertemu, berbicara, atau menukar tanda-tanda.
Pernyataan di atas diungkapkan oleh . . . .
a.       Gillin dan Gillin
b.      Sorjono Soekanto.
c.       Emile Durkheim.
d.      Selo Soemardjan.
e.      Emil Salim.
5.       Terjadinya interaksi sosial secara otomatis proses sosialpun terjadi. Hal ini karena . . . .
  1. antara interaksi dan proses sosial memiliki kesamaan arti
  2. antara interaksi dan proses sosial tidak memiliki keterikatan
  3. interaksi merupakan langkah lanjutan dari proses sosial
  4. interaksi sosial merupakan  bentuk umum dari proses sosial
  5. proses interaksi merupakan bagian kecil dari interaksi sosial
6.       Proses sosial merupakan proses hubungan antarmanusia.
 Pernyataan diatas diungkapkan oleh . . . .
  1. Gillin dan Gillin
  2.  Selo Soemardjan
  3.  Soerjono Soekanto
  4.  Emile Durkheim
  5. Karl Marx


7.       Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)      Terdiri atas dua orang atau lebih.
2)      Ayah Agus membanting kursi karena jengkel dengan anaknya.
3)      Adanya kontak primer dan sekunder.
4)      Adanya dimensi waktu.
5)      Adanya suatu tujuan yang hendak dicapai.
Mana yang bukan merupakan ciri-ciri interaksi sosial ?
  1. 1)                                
  2. 2)                                
  3. 3)
  4. 4)
  5. 5)
8.       Secara etimologis, istilah kontak berasal dari kata con atau cum  dan tango. Istilah tango berarti . . . .
  1. bersama-sama
  2. menyentuh
  3. berjabat tangan
  4. memegang
  5. bekerja sama
9.       Hubungan manusia yang satu dan manusia yang lain dalam hidup bermasyarakat harus memenuhi dua syarat,  yaitu, . . . .
  1. Status dan peran sosial
  2. Stratifikasi dan diferensiasi sosial
  3. Kontak sosial dan  komunikasi
  4. Nilai dan norma sosial
  5. Imitasi dan sugesti sosial
10.   Proses interaksi sosial yang ada di masyarakat ditandai   adanya . . . .
  1. kerja sama antarbeberapa pihak
  2. kontak sosial
  3. aksi dan reaksi
  4. komunikasi sosial
  5. diferensiasi sosial
11.   Menurut Robert E. Park dan Ernest W. Burgess kontak sosial berlangsung     melalui . . . .
  1. diskusi interaktif
  2. touch, speech, dan face to face
  3. pergaulan dalam keluarga
  4. perantara tertentu seperti telepon
  5. proses sosialisasi
12.   Kontak sosial yang terjadi secara langsung tanpa media tertentu, contoh berjabat tangan dan berpelukan dinamakan kontak        sosial . . . .
  1. positif
  2. negatif
  3. sekunder
  4. primer
  5. preventif
13.   Lambaian tangan perpisahan antara dua remaja, apabila dilihat dari jumlah pelakunya, peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh kontak sosial . . . .
  1. antarindividu
  2. anatarkelompok
  3. positif
  4. negatif
  5. antara individu dan kelompok
14.   Beberapa hari yang lalu terjadi aksi saling lempar batu antara banjar karena perebutan tempat suci (pura), kuburan dan tapal batas wilayah desa,  sehingga terjadi bentrokan dan membawa korban jiwa. Berdasarkan pelakunya peristiwa di atas merupakan salah satu contoh kontak sosial . . . .
  1. positif
  2. negatif
  3. antarindividu
  4. antarkelompok
  5. aktif
15.   Manakah yang merupakan satu contoh interaksi        primer . . . .
  1. Nana menonton televisi
  2. Andi bermain sepakbola bersama-sama dengan temannya.
  3. Andi bermain dengan boneka-bonekanya
  4. Neny belajar memasak
  5. Pak guru berceramah dengan siswanya
16.   Sebagai Kepala Desa I Made Rengkeg senantiasa memberikan pengarahan kepada warganya agar hidup rukun.
Berdasarkan sifatnya termasuk         interaksi . . . .
  1. primer
  2. sekunder
  3. positif
  4. negatif
  5. kondusif
17.   Suatu hubungan sosial dikatakan sebagai interaksi sosial sekunder apabila . . . .
  1. bersifat pribadi
  2. dilakukan dilingkungan masyarakat
  3. dilakukan untuk mengenal lingkungan keluarga
  4. berlangsungtanpa menggunakan media
  5. membawa dampak negatif bagi masyarakat




18.   Komunikasi berasal dari bahasa latin communicare yang berarti . . . .
  1. berhubungan
  2. berlawanan
  3. berkomunikasi
  4. bercakap-cakap
  5. bernyanyi
19.   Penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung atau tanpa alat bantu disebut . . . .
  1. kontak sosial
  2. komunikasi
  3. kontak sosial primer
  4. kontak sosial sekunder
  5.  komunikasi positif
20.   Komunikasi yang terjadi dimana pihak-pihak yang terlibat tidak saling memahami maksud dan tujuan merupakan      komunikasi . . . .
  1. positif
  2. negatif
  3. sekunder
  4. primer
  5. preventif
21.   Orang yang menyampaikan pesan dalam proses komunikasi disebut . . . .
  1. komunikator
  2. komunikan
  3. media
  4. efek
  5.  operator
22.   Salah satu unsur penting dalam proses komunikasi adalah . . . .
  1. adanya unsur waktu yang membatasi komunikasi
  2. adanya aktivitas yang dilakukan bersama
  3. adanya pesan yang disampaikan
  4. adanya pemimpin dalam pelaksanaannya
  5. terjadi pada tempat-tempat tertentu
23.   Dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar interaksi sosial antara guru dan siswa bisa lancar dan berlangsung seimbang, maka diterapkan sistem CBSA (cara belajar siswa aktif).
Peristiwa diatas berdasarkan pihak yang terlibat     merupakan  interaksi . . . .
  1. individu
  2. kelompok
  3. individu dan kelompok
  4. kelompok dengan kelompok
  5. interindividu

24.   Adanya interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok merupakan salah satu  klasifikasi interaksi sosial berdasarkan . . . .
  1. prosesnya
  2. pemahamannya
  3. pihak yang terlibat
  4. sifatnya
  5. pelakunya
25.   Pertengkaran dua siswi yang memperebutkan pacar, dimana kedua siswa tersebut sampai diberikan sarung tinju oleh guru olahraganya.
Berdasrkan pelakunya peristiwa diatas salah satu contoh kontak sosial . . . .
  1. individu dengan individu
  2. individu dengan kelompok
  3. kelompok dengan kelompok
  4. individu dengan instansi
  5. individu dengan sekolah
26.   Proses peniruan secara menyeluruh terhadap orang lain karena seseorang ingin menjadi sama dengan orang lain  tersebut,       disebut . . . .
  1. imitasi
  2. sugesti
  3. identifikasi
  4. simpati
  5. empati
27.   Sekilas antara imitasi dan identifikasi memiliki kesamaan, namun keduanya berbeda, yaitu . . . .
  1. imitasi jauh lebih mendalam dari identifikasi
  2. identifikasi lebih menunjuk pada proses menjadi sama atau identik dengan orang lain
  3. dalam proses imitasi seseorang mengenal betul tokoh idolanya
  4. dalam identifikasi seseorang hanya meniru perilaku
  5. identifikasi lebih mudah dilakukan
28.   Faktor utama yang mendorong munculnya simpati dalam diri seseorang adalah . . . .
  1. keinginan untuk menjadi sama dengan orang lain
  2. perasaan suka yang berlebihan dan mendalam
  3. perasaan iba dan kasihan terhadap orang lain
  4. adanya perasaan kalut dan bingung
  5. keingintahuan menjadi orang lain

29.   Suatu perasaan yang merupakan kelanjutan dari proses simpati yang akhirnya mendorong seseorang untuk mewujudkan rasa simpatinya dinamakan . . . .
a.                             emosi
b.                            antipasti
c.     empati
d.    agresi
e.    motivasi
30.   Berikut ini yang termasuk proses interaksi asosiatif  adalah . . . .
  1. kerjasama dan konflik
  2. akomodasi dan asimilasi
  3. asimilasi dan kontravensi
  4. kompetisi dan akomodasi
  5. kontravensi dan kompetisi
31.   Suatu proses interaksi yang dapat memunculkan perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat dinamakan proses . . . .
  1. normalisasi
  2. interaksi
  3. akomodasi
  4. asosiatif
  5. disosiatif
32.   Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini.
1)   Adanya pihak ketiga.
2)   Pihak ketiga tidak mempunyai hak untuk memaksakan keputusannya.
3)    Pihak ketiga sebagai penasehat
Pernyataan-pernyataan diatas merupakan karakteristik penyelesaian konflik       secara . . . .
  1. kompromi
  2. toleransi
  3. konversi
  4. coersion
  5. mediasi
33.   Tokoh yang berperan penting dalam proses sosialisasi primer adalah . . . .
  1. guru
  2. kepala sekolah
  3. tokoh masyarakat
  4. orang tua
  5. teman bermain
34.   Proses sosialisasi yang berlangsung di luar lingkungan keluarga disebut sosialisasi . . . .
  1. langsung
  2. tidak langsung
  3. sekunder
  4. primer
  5. aktif


35.   Keluarga Tono adalah keluarga baik-baik, sikap Tono sebagai anak sopan, peramah dan baik hati, tetapi sejak menonton film-film yang bertema kekerasan sikap Tono berubah menjadi anak yang bringas sering memukul teman sepermainannya. Sikap Tono ini dipengaruhi oleh . . . .
  1. keluarga
  2. lingkungan
  3. media massa
  4. masyarakat
  5. komunitas agama
36.   Aturan sosial yang bersumber dari wahyu Tuhan dinamakan norma . . . .
  1. adat
  2. kebiasaan
  3. agama
  4. kesusilaan
  5. hukum
37.   Sepasang pria-wanita hidup tanpa nikah, ditangkap oleh Kepala Desa dan aparat Pecalang serta diberikan nasihat-nasihat agar tidak lagi mengulangi perbuatannya. Tindakan diatas salah satu bentuk pelanggaran . . . .
  1. hukum
  2. kebiasaan
  3. kesusilaan
  4. cara
  5. tata kelakuan
38.   Karakteristik yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan     adalah . . . .
  1. tempat
  2. waktu
  3. perintah
  4. larangan
  5. sanksi
39.   Watak atau sifat seseorang yang lebih menyukai kegiatan membantu meringankan beban orang lain, orang-orang seperti ini cendrung sebagai penasihat, konselor, pekerja sosial. Tipologi kepribadian ini termasuk tipe . . . .
  1. realistis
  2. investigative
  3. sosial
  4. konvensional
  5. enterfrising





40.   Sebelum berteman dengan anak-anak jalanan Made Agus tidak pernah minum minuman yang berakohol, tetapi sekarang semenjak pergaulan tersebut hampir setiap hari mabuk dan mabuk-mabukan. Dalam hal ini kepribadian Made Agus terbentuk karena pengaruh . . . .
  1. warisan biologis
  2. lingkungan alam
  3. lingkungan budaya
  4. lingkungan sosial
  5. lingkungan pendidikan